ARTIKEL JURNALISTIK PERMASALAHAN UJIAN NASIONAL DAN PENUNDAAN SOAL UJIAN NASIONAL HINGGA 11 PROPINSI

Pendahuluan

i.            Latar belakang

Dalam pembangunan pendidikan, komisi Nasional Pendidikan (2001) menyebutkan bahwa pada saat itu, Indonesia bertekad memperkokoh potensi pendidikan nasional untuk meningkatkan pencapaian pendidikan di dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, sekaligus untuk menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan-tantangan baru yang menandai kehidupan melium ketiga tersebut. Sejak negara ini berdiri, telah banyak upaya yang dilakukan untuk mencapai mutu pendidikn yang terbak, kendati belum sebaik dan sebanyak yang diinginkan. Setidak-tidaknya bangsa Indonesia telah mempunyai pengalaman yang telah dipetik, dan menjadi salah satu kekuatan motivasional untuk melanjutkan usaha pengembangan pendidikan yang bermutu.

Dengan perkembangan mutu pendidikan pemerintah mengadakan Ujian Nasional (UNAS), dimana sebagai  pengukur konkrit atau pengamatan kaulitas mutu pendidikan yang berkaitan deangan penilaian sejah mana suatu produk memenuhi kreteria atau standart pendidikan. Kendati demikian dapat memunculkan problematika dalam system pendidikan.

Contoh kendala yang dihadapi oleh  masyarakat adalah masalah Kelulusan Ujian Nasional.

ii.            Fenomena

Terlambatnya pendistribusian saol ujian nasional pada semua tingkat sekolah.

1      Mengapa Ujian Nasional diadakan oleh menteri pendidikan ? Mengapa Ujian Nasional diadakan oleh menteri pendidikan ?

2       Masalah apa yang menyebabkan penundaan ujian nasional pada sebelas provinsi ?

3       Alas an apa yang menyebabkan menteri pendidikan mengadakan dua puluh paket soal ?

Inti permasalahan

Mengapa Ujian Nasional diadakan oleh menteri pendidikan ? setujukah jika ujian nasional ditiadakan ?

Menteri pendidikan beralasan diadakan ujian Nasional disebabkan sebagai standart / tolak ukur kuailitas mutu pendidikan di Indonesia selain itu juga sebagi pemerataan standart kemampuan dasar siswa agar memperoleh gambaran tentang efektivitas system pendidikan yang kita jalankan.

Pada permasalahan ini memunculkan pro dan kontra yang terjadi antara orang tua, guru,  murid, dan system pendidikan.

Kontra : para orang tua, pendidik,  dan pelajar menegeluh diadakannya Ujian Nasional ini karena mereka beranggap lamanya pendidikan hanya ditentukan selang beberapa hari. Akibat dari pelaksanaan Ujian Nasional ini membuat semua kalangan takut dan khawatir terutama para pelajar  mengalami stress dan cemas mengenai kelulusan Ujian Nasional.

Pro : sebagai standart mutu penddidkan serta pemerataan pendiddikan di Indonesia karena apabila dengan ditiadakannya ujian nasional khwatirkan mutu pendidikan menjadi rendah (menurun). Contohnya mutu pendidikan di jawa lebih tinggi dari pada pendidikan diluar jawa. Hal ini adalah salah satu alasan mengapa ujian nasional diadakan, menteri pendidikan khawatir terjadi deskriminasi pendidikan .

Masalah apa yang menyebabkan penundaan ujian nasional pada sebelas provinsi ?

  1. Karena keterlambatan penyerahan soal ujian nasional kepercetakan.
  2. Terjadi politik intern di dalam pelaksanaan ujian nasional.
  3. Terlalu banyaknya paket soal ujian nasional.

Á       Alasan apa yang menyebabkan menteri pendidikan mengadakan dua puluh paket soal ?

  1. Untuk menghindari kecurangan dalam pelaksanakan ujian nasional.
  2. Menjadikan sebuah motivasi khususnya para pelajar belajar dengan sungguh dalam mengahadapi persaingan pendidikan.
  3. Sebagai tolak ukur pengembangan mutu pendidikan di Indonesia sehingga diharapkan kelulusan ujian nasional mampu bersaing dengan Negara yang telah maju dalam dunia pendidikan.

III PENUTUP

Dalam meningkatkan pembangunan mutu pendidikan di Indonesia, komisi nasional pendidikan berupaya untuk meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa yang merupakan tombak majunya suatu Negara maka dari itu menteri pendidikan mengadakan ujian nasional serentak di Indonesia, namun sering kali ujian nasional ini menjadi momok yang  dibicarakan  oleh semua kalangan baik dari orang tua, pendidik, pelajar dan menteri pendidikan yang sering mengalami pro dan kontra.

Dan sering kali pelaksanaan ujian nasional  mengalami beberapa kendala dalam melaksanakan ujian nasional namun akhir-akhir ini permasalahan yang muncul mengenai penundaan soal ujian yang diakibat pendistribusian soal yang terlambat pada ujian nasional tingkat SMA hingga 11 propinsi dan soal yang pada tahun lalu hanya lima paket sekarang meningkat menjadi 20 paket soal, dimana para orang tua, pendidik, pelajar mengalami ke khawatiran dan cemas akan ketidak lulusan pelajar disisi lain menteri pendidikan membuat soal ujian nasional 20 peket dengan tujuan untuk menghindari kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional, menjadikan motivasi para pelajar belajar dan siap menghadapi persaingan pendidikan, dan sebagai mutu pendidikan Indonesia yang mampu bersaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri  yang telah maju dalam dunia pendidikan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s